Masalah Sampah Yang Sering Dilupakan

Ironi. Jogja pernah mendapatkan penghargaan adipura, yaitu kota terbersih hingga 6 kali yaitu pada 2005, 2007, 2009, 2010, 2011, 2012. Sekarang lebih dari 10 tahun kemudian harus menerima fakta kota ini mempunyai permasalahan sampah.

Saya sendiri yang berdomisili di daerah Sleman merasa kesulitan untuk mendapatkan jasa pengangkut sampah. Di saat-saat awal saya pindah rumah di daerah Maguwoharjo saya sempat harus membuang sampai hingga ke TPU daerah yang lain. 

Tetangga saya yang tinggal di jalan yang sama juga mengalami kendala yang sama. Walaupun akhirnya kami mendapatkan jasa pengangkut sampah dengan cara mencari informasi kiri dan kanan.

Hal yang menjadi ikiran adalah apakah pada akhirnya setiap ada permasalahan tentang kota, atau daerah tertentu, komunitas / masyarakat di daerah tersebutlah yang harus mencari solusinya sendiri?

Dan saat ini timbul masalah penumpukan sampah di DIY, dimana pemerintah mengharuskan menutup TPU tersebut. Lucunya penutupan tersebut tanpa memberikan solusi ke masyarakat. Serasa telat untuk melakukan antisipasi atau solusi awal sebelum hal ini terjadi.

Sebenarnya pemerintah memberikan beberapa solusi untuk pemilahan sampah. Namun sepertinya belum cukup meluas. Lagi-lagi masyarakatlah yang diharuskan jeli dan aktif sendiri. Disatu sisi masyarakat berasa pemerintah tidak melakukan apa-apa, merasa tidak ngemong dan membuat keputusan yang mengambang.

Di luar dari permasalahan itu semua, saya sebagai individu juga bagian dari masalah ini. Banyak dari kita tidak "aware" akan sampah yang dihasilkan dari rumah tangga. Misalkan dengan memisahkan sampah yang organik dan non-organik.

Atau sampah yang berasal dari sisa makanan, atau sampah yang berasal dari bahan-bahan pembungkus dan jenisnya seperti plastik, kertas dan sejenisnya. Hal ini sudah sangat membantu proses di TPU.

Tapi tidak bisa dipungkiri ketika masyarakat sudah memilih sampah, peran utama pemerintah adalah untuk mengambil sampah dan mengolahnya. Kenyataannya tenaga pengakut sampah saat ini bukanlah dari pemerintah....


Comments

Popular posts from this blog

Pilih Presiden Indonesia (Pemilu) atau Golput ya?

Membaca Vs Menonton

Kendaraan Pribadi vs Transport Publik. Mana yang lebih baik buat Indonesia?